Waspada Komplikasi Penyakit Malaria

Waspada Komplikasi Penyakit Malaria – Malaria merupakan jenis penyakit yang berbahaya yang dimana dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Hal tersebut dapat terjadi apabila malaria tidak segera ditangani dengan cepat. Malaria dapat terjadi pada siapa saja dan umur berapa saja, penyakit ini tidak memandang usia. Namun, biasanya penyakit malaria lebih sering menyerang orang dewasa dan anak-anak.

Penyakit ini sangat jarang sekali menular secara langsung dari satu orang ke orang lainnya. Terkecuali, penyakit ini dapat menular secara langsung dari satu orang ke orang lainnya. Bahkan janin didalam kandunganpun dapat terinfeksi malaria karena tertular dari darah sang ibu. Jika kondisi ini juga tidak segera dapat penanganan dengan cepat, maka akan menimbulkan komplikasi dan bahkan menimbulkan kematian.

Waspada Komplikasi Penyakit MalariaKomplikasi malaria dapat terjadi, jika malaria tidak segera diobati dengan cepat. Adapun beberapa komplikasi yang diakibatkan oleh malaria.

Waspada Komplikasi Penyakit Malaria

  • Mengalami dehidrasi berat atau kekurangan cairan
    Jika tubuh mengalami dehidarsi tentunya akan sangat berbahaya.
  • Animea Parah 
    Selain mengalami dehidrasi, komplikasi yang diakibatkan oleh malaria juga dapat mengalamia animea parah. Hal ini disebabkan karena kerusakan sel darah merah yang disebabkan oleh parasit animea bisa mengakibatkan terjadinya animea. Animea ini merupakan suatu kondisi yang dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah, yang dimana darah tersebut berfungsi untuk membawa oksigen kedalam organ tubuh.
  • Malaria Serebral 
    Malaria serebral merupakan salah satu komplikasi yang sangat langka. Jika seseorang terkena malaria serebral ini, maka akan mengalami pembengkakan. Hal ini dapat terjadi ketika sel darah merah dipenuhi dengan parasit yang menghalangi pembuluh darah kecil diotak. Bahkan terkadang, kondisi ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak secara permanen, kejang-kejang, atau bahkan mengalami koma.
  • Hipoglikemia
    Malaria yang sudah parah tentunya akan mengalami hipoglikemia atau biasa yang disebut dengan kondisi gula darah yang rendah.
  • Kegagalan Pada Fungsi Organ Tubuh
    Malaraia yang sudah parah juga menyebabkan kerusakan pada fungsi tubuh seperti gagal ginjal. gagal hati atau pecahnya organ limpa. Kondisi tersebut kemungkinan besar dapat mengancam nyawa penderitanya apabila tidak segera ditangani dengan cepat. 
  • Gangguan Pernafasan 
    Penumpukan cairan didalam paru-paru atau edema paru-paru bisa anda kesulitan untuk bernafas. 

Dan jika tidak ingin terjadi komplikasi sepert i diatas, maka segeralah untuk cara mengobati malaria. Jika hal tersebut terus menerus dibiarkan, maka akan terjadi komplikasi seperti diatas. Dan itualah sekilas informasi tentang komplikasi malaria yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *