Tidak Hanya Lelaki, Hernia Juga Bisa Serang Wanita

Tidak Hanya Lelaki Hernia – Hernia memang merupakan jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum adam, karena pada umumnya penyakit ini hanya diderita oleh kaum adam. Namun, nyatanya kaum wanita juga dapat mengalaminya. Hernia yang terjadi pada wanita akan sangat berbahaya apabila tidak segera melakukan cara mengobati hernia. Bahkan kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya akibat hernia pada wanita. 

Tidak Hanya Lelaki, Hernia Juga Bisa Serang Wanita

Tidak Hanya Lelaki Hernia

Hernia pada wanita bisa terjadi karena adanya jaringan atau organ yang menekan ke otot paha. Kondisi ini menyebabkan munculnya benjolan, dan sakit saat tersentuh. Sebenarnya, ada 2 jenis hernia yang sering terjadi pada wanita, yaitu hernia fermoralis dan hernia umbilical. Yang dimana hernia fermoralis ini terjadi karena otot paha atas pada wanita menjadi lemah, apalagi jika sedang hamil. Biasanya, hernia pada pria biasanya mundul pada area selangkangan dan menekan sistem reproduksi 

Hernia merupakan suatu kondisi ketika organ yang ada didalam tubuh berada diluar dari posisi yang semestinya. Hal tersebut disebabkan karena otot-otot yang melemah, sehingga tidak kuat untuk menahan otot-otot tersebut. 

Lemahnya otot tersebut menyebabkan organ dalam perut khususnya usus mengalami penekanan ke bawah,sehingga menyebabkan benjolan dan menimbulkan rasa sakit. Sebaliknya, hernia umbilical merupakan jenis hernia yang sering terjadi pada wanita hamil atau bahkan juga dapat terjadi pada orang lanjut usia. Hernia yang satu ini terjadi karena jaringan yang melapisi perut mengalami penekanan, sehingga menyebabkan munculnya benjolan dan memicu rasa nyeri juga. 

Meski hernia pada wanita jarang sekali ditemui, namun hal ini tentunya harus waspada. Hernia pada wanita juga dapat menimbulkan gejala-gejala seperti : 

  • Munculnya benjolan yang menyebabkan rasa sakit 
  • Rasa sakit dipanggul 
  • Timbul rasa nyeri diperut 
  • Rasa tidak nyaman pada perut 
  • Terasa nyeri pada perut bagian bawah 

Jika menimbulkan gejala-gejala seperti diatas, maka sebaiknya segara melakukan pengobatan. Karena jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan komplikasi yang akan memperparah kondisi. Dan itu saja sekilas informasi mengenai hernia pada wanita, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *