Risiko Operasi Wasir

Risiko Operasi Wasir – Wasir merupakan kondisi pembengkakan atau peradangan pada  anus. Kondisi tersebut sering disebut dengan hemoroid atu lebih dikenal dengan ambeien. Wasir ini dapat menyerang siapa saja, namun wasir lebih sering menyerang orang yang sudah memasuki usia lanjut 40 tahun keatas. 

Wasir ini tumbuh pada sekitar anus atau rektum, yang dimana menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada saat duduk. Orang yang duduk terlalu lama dapat beresiko tinggi terkena wasir/ambeien. Tidak hanya itu, asupan makanan yang kurang mengandung serat juga dapat meningkatkan risiko terkena wasir atau ambeien. 

Risiko Operasi Wasir

Meski orang yang duduk terlalu lama lebih beresiko tinggi terkena wasir, namun perlu untuk anda ketahui, Mengejan terlalu kersa pada saat buang air besar juga dapat meningkatkan risiko tinggi terkena wasir / ambeien. 

Banyak orang yang menderita wasir/ambeien menyepelekan penyakit yang satu ini,  karena rasa malu sehingga wasir tumbuh menjadi parah. Tentu saja hal tersebut perlu melakukan tindakan secepatnya yaitu salah satunya dengan melakukan tindakan medis. 

Dengan melakukan tindakan medis tentunya perlu biaya banyak untuk mengobati wasir tersebut. Selain itu, tindakan medis juga dapat menimbulkan risiko yang buruk untuk kesehatan. Dengan melakukan operasi dapat menimbulkan Risiko Operasi Wasir yang cukup berbahya. Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi bukan ? Cara mengobati wasir secara alami juga dapat digunakan sebagai solusi pengobatan untuk mengobati wasir tanpa menimbulkan efek samping. 

Risiko Operasi Wasir

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui risiko operasi wasir yang harus anda ketahui. 

  • Hilangnya kontrol pada saat buang air besar 
  • Sulit untuk megosongkan kandung kemih atau retensi urine
  • Fistula ani yang bisa terjadi rata-rata pada proses stapling. 
    Risiko fistula ini dapat tumbuh pada bagian vagina. Saluran pembentukannya yang berada pada lubang vagina dan anus dinamakan fistula. 
  • Sakit pada bagian lubang rektum
  • Terjadi penyempitan pada lubang anus atau biasa disebut dengan stenosis. Stenosis ini sangat beresiko pada hemoroid yang terletak dilingkaran lubang anus. 
  • Terjadinya infeksi yang dapat menyebabakan penumpukan nanah serta abses 
  • Keluarnya gumpalan darah ketika buang air besar, dimana kondisi ini disebut dengan pendarahan. Kondisi tersebut biasanya dapat bertahan kira-kira 7 hari setelah operasi. 

Risiko yang ditimbulkan pasca operasi wasir sangat mengerikan sehingga besar kemungkinan dapat mengancam jiwa. Meski risiko-risiko diatas dapat ditangani oleh dokter, namun kondisi tersebut juga kemungkinan besar dapat menjalani operasi lagi untuk memulihkan keadaan tersebut. 

Adapun beberapa keadaan-keadaan pasca operasi wasir yang sering terjadi seperti : 

  • Demam
  • Pengadarah serius atau pendarahan secara berlebih 
  • Mengalami permasalah pada saat buang air kecil
  • Bertambahnya rasa nyeri 
  • Mengalami bembengkakan pada anus. 

Komplikasi-komplikasi tersebut dapat terjadi pasca operasi wasir. Oleh karena itu, jika anda mengalami wasir maka sebaiknya obati wasir tersebut sejak dini agar tidak terjadi efek buruk serta komplikasi yang membahayakan tubuh. 

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *