Penyebab Perut Terasa Panas

Penyebab Perut Terasa Panas – Pernah Alami perut Panas ? apakah anda tahu penyebab perut terasa panas ? Perut terasa panas dapat disebabkan oleh beberapa kondisi salah satunya yaitu penyakit asam lambung. 

Penyebab Perut Terasa Panas

Penyebab Perut Terasa Panas

perut terasa panas juga bisa saja ditandai dengan adanya gangguan pada pencernaan yang dipicu oleh beberapa faktor. Faktor penyebab yang paling sering terjadi yaitu refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Refluks yang terjadi dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan, sehingga hal ini akan menyebabkan naiknya nyeri pada dada atau bahkan sensasi mengganjal pada dada. 

Tidak hanya itu saja, refluks asam lambung juga menyebabkan keluarnya cairan serta isi lambung dari mulut, sehingga mengalami mual dan muntah. Beberapa penyebab yang menyebabkan perut terasa panas, seperti mengkonsumsi makanan yang memiliki citarasa pedas, sering mengkonsumsi cokelat, sering mengkonsumsi kafein, memiliki obesitas, serta kehamilan. Selain itu, ada beberapa penyebab perut terasa panas lainnya yaitu : 

  • Dispepsia 
    Yang dimana kondisi ini merupakan gejala gangguan pencernaan yang penyebabnya belum diketahui dengan jelas hingga saat ini. Kondisi ini menimbulkan beberapa gejala, perut panas, perut kembung, mual serta rasa tidak nyaman atau bahkan nyeri pada perut bagian atas
  • Gastritis 
    Gastritis yaitu suatu kondisi adanya gangguan didalam lambung yang disebabkan oleh bakteri H.Pylori, yang dimana bakteri ini mampu mengikis lapisan pelindung lambung. Sehingga orang yang mengalami kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit pada perut serta ulu hati. Jenis penyakit ini wajib untuk diwaspadai, karena jika kondisi ini tidak segera diatasi dengan cepat, maka akan menimbulkan beberapa komplikasi yang mematikan, oleh karena itu waspada gastritis jika tidak segera diatasi. 
  • Gerd 
    Gerd merupakan suatu kondisi yang dimana adanya gangguan pada cincin otot bagian bawah dikerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung terkadang naik kembali ke kerongkongan dan menimbulkan perut terasa panas. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gerd seperti obesitas, merokok, faktor masakan seperti makanan pedas dan asam. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai penyebab perut terasa panas, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 

Salam sehat. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *