Penyebab Jantung Berdebar Pada Ibu Hamil

Penyebab Jantung Berdebar – Pada saat masa kehamilan, tentunya ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatan ibu dan janin yang ada didalam kandungannya. Salah satu faktor penting selama kehamilan adalah bagaimana lancarnya atau terpenuhinya suplai darah yang membawa nutrisi dan oksigen untuk janin. Jika suplai darah yang membawa nutrisi dan oksigen pada janin dan tubuh berkurang, maka akan ibu akan mengalami perasaan jantung berdebar-debar pada saat hamil. Akibat hal tersebut, tentunya ibu akan mengalami rasa cemas 

Adapun beberapa hal yang menyebabkan jantung berdebar pada ibu hamil. Berikut Informasinya.

Penyebab Jantung Berdebar Pada Ibu Hamil

Penyebab Jantung Berdebar

  • Progesteron 
    Salah satu penyebab jantung berdebar pada ibu hamil yaitu hormon progesteron. Hormon progesteron pada ibu hamil memiliki salah satu mekanisme yang mempengaruhi jantung. Kadar hormon tubuh akan berbeda dibanding dengan ibu yang sedang tidak hamil. Dan perlu untuk anda ketahui, salah satu efek progesteron terhadap jantung yaitu membuat jantung bekerja lebih cepat. Sehingga hal tersebut mengakibatkan detakan jantung lebih kuat dan cepat. 
  • Pertambahan Volume Darah 
    Perlu untuk anda ketahui, ibu yang sedang hamil biasanya lebih banyak mengandung volume darah dibandingkan dengan ibu yang sedang tidak hamil. Pertambahan atau peningkatan volume darah pada ibu hamil bertujuan untuk menyediakan kebutuhan janin dalam proses pertumbuhannya. Namun, perlu juga untuk anda ketahui, pertambahan volume darah juga dapat mempengaruhi kinerja jantung. Yang dimana kerja jantung berbeda dari biasanya. Pertambahan volume darah tersebut membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga hal ini membuat ibu hamil merasa jantungnya sedang berdebar. 
  • Hemoglobin Rendah 
    Hemoglobin merupakan salah satu penyebab terjadinya animea. Hemoglobin merupakan suatu kondisi yang menyebabkan turunnya kadar oksigen. Hb dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak hingga orang tua. Bahkan Hb juga dapat terjadi pada ibu hamil, hal ini dapat disebabkan karena proses pembentukan Hb yang menurun. Akibat rendahnya Hb, jantung terus berusahan memenuhi kebutuhan sel akan oksigen dengan cara memanfaatkan jumlah Hb yang ada. Bahkan, ibu hamil yang kekurangan Hb sering merasakan jantung berdebar-debar. 
  • Penyakit Jantung 
    Salah satu penyebab jantung berdebar yaitu adanya penyakit jantung. Penyakit jantung dapat dialami oleh siapa saja, salah satunya yaitu ibu hamil.  Hal ini terjadi disebabkan karena saat hamil peredaran darah pada janin harus dijaga dengan baik, sementara jantung tidak dalam keadaan sehat dan kuat. Sehingga hal ini juga menyebabkan jantung harus memompa dengan kuat. 

 Sekian Dan Terimakasih. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *