Penyebab Disentri Amoeba

Penyebab Disentri Amoeba – Penyakit disentri merupakan penykit yang paling sering didengar, kondisi ini merupakan gangguan saluran pencernaan, yang dimana pencernaan tersebut mengalami peradangan pada usus besar. Kondisi ini merupakan jenis kondisi yang cukup serius, yang tidak boleh dibiarkan tanpa melakukan penanganan. Disentri ini dapat menyerang siapa saja, tanpa mengenal batasan usia. Baik bayi, anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun.

Namun, pada umumnya orang beranggapan bahwa diare dan disentri merupakan suatu kondisi yang sama, padahal hal tersebut merupakan sebuah kondisi yang berbeda. Dimana diare ini merupakan suatu kondisi yang menyerang usus halus, sedangkan untuk disentri yaitu suatu kondisi yang menganggu usus besar. kondisi ni disebabkan oleh infeksi bakteri, yang kemudian akan menimbulkan diare. Biasanya Disentri menimbulkan gejala disentri yang berbeda-beda pada setiap orangnya, tergantung bagaimana tingkat keparahannya. 

Secara umum disentri dibagi menjadi dua tipe, yaitu :

    • Disentri Basiler 
      Yang dimana disentri yang satu ini merupakan jenis disentri yang paling umum terjadi diindonesia. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri shigella. Dan juga disentri ini dapat menyerang siapa saja baik bayi, anak, maupun orang dewasa.
    • Disentri Amoeba
      Yang dimana disentri ini dipicu oleh parasit bersel satu atau amoeba. Disentri yang satu ini lebih sering dianggap lebih serius dibandingkan dengan disentri basiler.
       

Penyebab Disentri Amoeba

Penyebab Disentri Amoeba

Amoeba merupakan sejenis parasit yang hanya memiliki satu sel, jenis amoeba ini lebih sering ditemukan pada daerah tropis. Di indonesia, jenis parasit ini sangat mudah untuk berkembang bahkan sangat mudah untuk menyerang. Hal ini karena kurangnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga sangat memudahkan kuman, bakteri atau bahkan parasit untuk menyebar dan berkembang pada tubuh. 

Amoeba ini dapat mengkontaminasi kawasan yang rendah dalam hal standar kebersihan, baik itu mengkontaminasi air atau bahkan makanan yang ada disekitarnya. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan amoeba penyebab disentri seperti : 

  • Faktor Risiko 
    Orang yang tinggal dilingkungan yang kotor yang mudah untuk terinfeksi bakteri amoeba, sebaiknya harus diperhatikan apabila mengkonsumsi air atau bahkan jenis makanan. Hal ini karena air tersebut dan jenis makanan tersebut bisa saja sudah terinfeksi bakteri amoeba, sehingga bila ingin mengkonsumsinya harus dimasak dengan baik atau benar benar matang. 
  • Jenis Amoeba 
    Parasit ini memiliki dua jenis, yaitu yang pertama parasit yang tidak memiliki efek atau bahkan menimbulkan gejala apapun pada manusia. Parasit ini sering disebut dengan parasit tanpa gerak. Jenis parasit yang kedua yaitu jenis parasit yang memiliki efek seperti perut kembung, mulas, atau bahkan memicu peningkatan suhu. Dan parsit ini disebut dengan parasit bergerak. 

S E K I A N & T E R I M A K A S I H.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *