Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengatasinya  – Angin duduk atau biasa dikenal dengan istilah angina  yaitu suatu penyakit yang menyerang bagian dada yang diakibatkan karena kurangnya pasokan darah menuju jantung. Penyebab angin duduk disebabkan karena adanya penyempitan dipembuluh darah,dan hal itu akan menimbulkan rasa nyeuri pada dada atau sesak nafas.Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengatasinya

Penyakit angin duduk ini memang penyakit yang tergolong berbahaya, karena orang yang terserang penyakit angin duduk bisa memicu terjadinya kematian dalam hitungan menit saja.  Kondisi ini disebabkan karena terganggunya pasokan darah, dan ini akan menyebabkan penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah dan ini akan menimbulkan serangan angin duduk secara tiba-tiba.  Berdasarkan beberapa hal yang dapat memicu terjadinya faktor penyebab angin duduk, Angin duduk dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Angin duduk stabil
    Angin duduk stabil yang disebabkan karena adanya aktivitas berat seperti melakukan olahraga secara berlebihan, dan hal ini akan menyebabkan jantung membutuhkan oksigen lebih banyak lagi. Asupan tersebut tidak akan tercukupi jika pembuluh darah mengalami  penyumbatan. Serangan angin duduk stabil juga dapat dipicu oleh beberapa hal lainnya, seperti merokok, stres, makan berlebihan, dan udara dingin.
  2. Angin duduk tidak stabil
    Angin duduk tidak stabil yaitu suatu kondisi yang diakibatkan oleh timbunan lemak atau pembekuan darah yang menghambat proses aliran darah menuju jantung. Tidak hanya itu, Angin duduk tidak stabil juga disebabkan karena infeksi pada pembuluh darah, penumbukan kolesterol terutama penyumbatan pada sel darah merah.

Lalu, Apa saja yang menjadi penyebab faktor utama Angin Duduk ?

Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengatasinya 

Berikut Adalah beberapa faktor penyebab utama terjadinya angin duduk :

Kolesterol Tinggi
Kolesterol yang tinggi dapat memicu penyebab Aterosklerosis, dimana penumpukan plak terjadi didinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Hal ini akan menyebabkan terjadinya proses penyumbatan aliran darah.

Hipertensi
Hipertensi atau biasa dikenal dengan darah tinggi yaitu aliran darah yang menuju kejantung mengalami penyumbatan dan hal ini akan merusak dinding arteri. Jika hal ini sampai terjadi, maka akan mempermudah pula serangan angin duduk pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Merokok
Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual dipasaran. Selain dapat mengundang berbagai penyakit, merokok juga termasuk faktor yang dapat menyebabkan terjadinya angin duduk.

Obesitas
Orang yang memiliki riwayat penyakit obesitas akan rentan terkena serangan penyakit angin duduk. oleh sebab itu, penyakit obesitas termasuk Penyebab Angin Duduk Dan Cara Mengatasinya dengan mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Faktor Usia
Faktor usia juga dapat menjadi faktor penyebab angin duduk, karena orang yang sudah memasuki lanjut usia akan sangat rentan terkena serangan angin duduk dibandingkan dengan orang yang masih berusia muda.

Semua orang mungkin tidak ingin mengalami penyakit yang satu ini, oleh sebab itu ada beberapa cara mencegah terjadinya penyakit angin duduk. abaerikut informasinya :

  • Mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol tinggi
  • Mengontrol tekanan darah tinggi
  • Berhenti merokok
  • Mengontrol kadar gula darah, jika mempunyai riway penyakit diabetes
  • Mengontrol Berat Badan
  • Mengubah pola makan dengan makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang

Sekian Untuk informasinya semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *