Waspada Penyakit Tifus Menular

Waspada Penyakit Tifus Menular – Tahukah anda bahwa penyakit tifus dapat menular ? Tifus atau demam tifoid merupakan penyakit yang umum terjadi dinegera indonesia, Penyakit ini disebabkan karena bakteri salmonella. Dimana bakteri tersebut mampu masuk melalui kulit dan mengalir besama dengan darah. Perlu untuk anda waspadai, jika tidak ingin tertular bakteri tersebut, maka sebaiknya hindari penggunaan alat secara bersamaan dengan penderita tifus, mulai dari handuk, sikat gigi, atau bahkan benda lainnya yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Tifus mudah menyerang anak yang masih dibawah umur, hal ini karena sistem imun yang masih lemah sehingga memudahkan untuk terkena bakteri tersebut. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat akan mengurangi risiko tetular bakteri penyebab tifus. Oleh karena itu, gaya hidup yang sehat itu sangat penting dilakukan karena untuk mencegah terjadinya penularan berbagai penyakit dari luar. 

Waspada Penyakit Tifus Menular

Waspada Penyakit Tifus Menular

Jika salah satu anggota keluarga anda ada yang sedang terserang atau menderita penyakit tifus. Maka sebaiknya hindari pemakaian benda secara bersamaan. Karena Hal tersebut dapat memicu penularan yang sangat cepat. Tidak hanya itu saja, melakukan kontak lansung dengan penderita tifus akan memiliki risiko terkena penularan penyakit tersebut. 

Waspada Penyakit Tifus Menular, Penyakit tifus menural ini tergolong penyakit yang berbahaya, apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan benar, maka akan menimbulkan komplikasi yang bahaya. Biasanya orang yang terkena tularan virus penyebab menimbulkan beberapa gejala tifus, seperti demam tinggi, pusing, merasa lelah dan lain-lain. 

Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut ? 

Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut, ada beberapa tips yang akan kami bagikan untuk anda agar bisa dilakukan dirumah atau dimanapun. 

  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan 
    Mengaja kebersihan lingkungan merupakan salah satu langkah awal untuk mencegah terjadinya penularan atau  terjadinya penyakit yang berasal dari luar. 
  • Selalu mencuci tangan sebelum makan 
    Mencuci tangan dengan bersih sebelum makan dapat mengurangi risiko tertular penyakit tifus. 
  • Menjaga kebersihan kamar mandi 
    Menjaga kebersihan kamar mandi seperti toilet akan mengurangi penularan. Jika toilet tidak terawat dan kotor, maka dapat menimbulkan risiko tertular penyakit tersebut. 
  • Hindari penggunaan alat 
    Menggunakan peralatan makanan seperti sendok, piring atau bahkan alat lainnya dengan penderita tifus, maka kemungkinan besar kita dapat terkena penularan bakteri salmonella T. 

Oleh karena itu, sangat penting sekali menjaga gaya pola hidup dan gaya pola makan yang sehat. Tidak hanya baik untuk tubuh, menjaga pola gaya hidup dan makanana yang sehat juga dapat menghindari risiko terkena tularan sebuah penyakit termasuk penyakit tifus yang satu ini. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *