Kelenjar Parotis Bengkak

Kelenjar Parotis Bengkak – Kelenjar parotis merupakan kelenjar air liur (saliva) yang ada pada tubuh manusia yang terletak pada sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Kelenjar ini merupakan kelenjar air liur terbesar yang terletak pada bagia telinga. Apabila kelenjar tersebut mengalami infeksi, maka dapat menyebabkan peradangan. Dan jika terjadi pembengkakan pada kelenjar tersebut, maka telinga dapat terdorong kebagian atas. 

Pembengkakan pada kelenjar parotis dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya tumor. Ada pula yang mengatakan adanya pembengkakan pada kelenjar parotis disebabkan karena adanya peradangan pada kelenjar parotis yang disebut dengan gondongan. Penyakit gondongan ini lebih sering terjadi pada anak-anak yang dapat menimbulkan gejala demam,tidak nafsu makan, lemah dan lain-lain. Jika gondongan tersebut terjadi pada orang dewasa, maka gejala yang timbul dapat berbeda dan bahkan gejala yang timbul akan sangat menganggu dibandingkan dengan gejala yang ditimbulkan oleh anak-anak. 

Informasi terkait : Cara Mengobati Tumor Jinak Parotis 

Parotis merupakan suatu penyakit yang mudah menular, parotis ini disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus  ataupun infeksi bakteri. Parotis ini dapat menular melalui percikan ludah pada saat bersin, batuk. Tidak hanya melalui percikan ludah saja, parotis juga dapat menular melalui sentuhan, benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh ludah penderita tersebut. Untuk menghindari penularan tersebut, sebaiknya mencuci tangan dengan bersih, menghindari kontak langsung, membatasi pengguaan barang secara bersamaan.  

Kelenjar Parotis Bengkak

Kelenjar Parotis Bengkak

Seseorang yang terkena kelenjar parotis bengkak menimbulkan gejala yang berbada-beda tergantung kondisi pembengkakan tersebut. Namun, gejala yang sering ditimbulkan oleh kelenjar parotis ini sering menimbulkan rasa sakit yang, demam, pusing dan lain-lain. Adapun beberapa gejala lain yang sering muncul yaitu : 

Kelenjar parotis biasanya menimbulkan gejala seperti :

  • Timbulnya rasa nyeri 
  • Sakit Pada Pipi
  • Sakit pada saat membukan mulut

Gejala tersebut bisa diatasi dengan beristirahat untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan kelenjar parotis bengkak. 

Sebenarnya penyakit yang satu ini dapat disembuh dengan sendirinya, namun meski dapat sembuh dengan sendirinya tetapi penyakit ini juga perlu melakukan pemerikasaan lebih lanjut, sehingga lebih mengetahui tingkat kondisi tersebut. Meski terkadang pengobatan pada dokter hanya mengatasi keluhan-keluhan saja yang biasa diberikan analgenik dan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut. 

Dan itulah sekilas informasi mengenai kelenjar parotis bengkak, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda untuk mengetahui lebih luas lagi tentang kelenjar parotis bengkak. Dan terimakasih sudah menyimak artikel kami. 

Sekian&Terimakasih 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *