Kenali Gejala Tifus Yang Ringan Dan Parah

Kenali Gejala Tifus – Tifus atau demam tifoid merupakan penaykit yang sering terjadi dan sangat mudah menyerang orang. Tifus umumnya banyak diderita oleh kalangan usian dewasa, Namun tifus juga dapat menyerang anak-anak, bahkan bagi, dan lanjut usia. Penyakit yang satu ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Jika penyakit ini disepelekan tanpa melakukan cara mengobati tifus yang tepat, maka kemungkinan besar tifus akan menjadi parah dan berakibat fatal. Tidak hanya itu saja, gejala tifus yang ditimbulkan akan semakin parah saja dan kemungkinan besar tidak bisa ditangani dan akan berakibat fatal seperti kematian. 

Kenali Gejala Tifus Yang Ringan Dan Parah

Oleh karena itu, kita harus mengenal lebih dalam dan Kenali Gejala Tifus Yang Ringan Dan Parah. Nah, berikut ini ada beberapa informasi mengenai gejala tifus ringan dan gejala tifus berat. 

Lalu, Apa Gejala Tifus Ringan ? 

Gejala tifus yang muncul 6 hari hingga 30 hari setelah terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhii, biasanya orang tersebut akan mengalami gejala yang pertama yaitu demam, ruam pada leher, perut bahkan dapat terjadi pada sekujur tubuh. Adapun beberapa gejala yang sering ditimbulkan oleh penderita  tipes yang muncul 6 hari hingga 30 hari. Kenali Gejala Tifus : 

  • Berkeringat
  • Mudah Lelah
  • Sakit Perut 
  • Sakit Kepala 
  • Nyeri pada otot 
  • Diare atau Sembelit 
  • Hilangnya Nafsu Makan 

Setelah beberapa hari, kemungkinan besar gejala tersebut akan hilang dan mereda dengan sendirinya. Namun, meskipun begitu, anda harus Lebih hati-hati, karena bakteri penyebab tifus belum sepernuhnya keluar atau mati dalam tubuh anda. Bisa saja bakteri tersebut sewktu-waktu akan menginfeksikan tubuh anda dan menimbulkan gejala-gejala seperti diatas lagi. 

Lalu, Apa Gejala Tifus Yang Sudah Parah ? 

  • Mengalami Pendarahan 
    Saat tifus yang sduah mulai parah dan tidak segera ditangani dengan cepat maka akan mengakibatkan pendarahan didalam tubuh, yaitu pada usus. Biasanya meliputi beberapa gejala seperti : 
    > Mual dan Muntah 
    > Sakit Pada Perut 
    > Kulit Pucat 
    > Jantung Berdetak Tidak Beraturan 
    > Muntah Darah 
    > BAB berwarna hitam atau gelap
  • Gangguan Pernafasan 
    Selain mengalami pendarahan pada bagian tubuh, tifus yang sudah parah juga dapat mengalami gangguan pernafasan yang berupa pneumonia, Sehingga penderita akan mengalami beberapa kondisi seperti : 
    > Kelelahan 
    > Demam 
    > Nyeri Otot
    > Sakit dan nyeri pada bagian dada 

Selain itu, tifus yang sudah parah juga dapat memicu penyakit lainnya,seperti infeksi ginjal, pankers, jantung, otak. Oleh karena itu, kondisi tersebut tidak boleh disepelekan begitu saja. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *