Gejala Disentri Pada Anak Dan Bayi Yang Berbahaya

Gejala Disentri Pada Anak – Disentri merupakan suatu kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak, bayi, bahkan orang dewasa sekalipun. Disentri ini merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada usus. Kondisi ini membuat seseorang menyebabkan diare. Disentri biasanya dapat berlangsung selama 3 hingga 7 hari, tergantung tingakat keparahannya. Meski kondisi ini terbilang sangat umum terjadi pada masyarakat dan lingkungan, namun kondisi ini juga perlu melakukan penanganan yang serius, salah satunya yaitu dengan cara mengobati disentri.  Karena, jika kondisi ini tidak segera diobati dengan benar, maka akan memicu komplikasi yang disebabkan oleh disentri.

Gejala Disentri Pada Anak Dan Bayi Yang BerbahayaGejala Disentri Pada Anak

Dibawah ini ada beberapa gejala disentri pada bayi dan anak yang harus pada orang tua ketahui :

  • Menggigil Dan Demam
    Bayi dan anak yang terkena disentri akan mengalami gejala menggigil serta demam. Kondisi ini disebabkan karena infeksi yang masuk pada tubuh dan berkembang dalam usus besar, sehingga menyebabkan bayi dan anak mengalami demam dan menggigil. Kondisi ini harus segera cara mengobati disentri, untuk menghindari terjadinya komplikasi dan bahaya yang akan menyebabkan kondisi tubuh semakinb parah.
  • Muntah
    Tidak hanya mengalami demam saja, bayi dan anak yang mengalami disentri dapat mengalami muntah. Apabila bayi mengalami muntah, kondisi tersebut bisa saja disebabkan oleh kondisi pencernaan, atau bahkan cara menyusui yang kurang tepat sehingga hal ini bayi mengalami muntah.
  • Diare
    Tidak hanya menyebabkan muntah dan meng9gigil saja, disentri juga menyebabkan diare. Yang dimana hal ini merupakan pertanda awal bahwa disentri sudah akut atau berat.
  • Berat Badan Menurun 
    Infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan seperti usus besar biasanya akan mempengaruhi organ hati. Jika kondisi ini diabrkan begitu saja, maka bisa mempengaruhi organ hati yang dapat menyebabkan berat badan menjadi turun. Berat badan yang mudah cepat turun juga bisa disebabkan karena nutrisi yang tidak terpenuhi, pendarahan, bahkan demam yang terus menerus. 
  • Dehidrasi 
    Bayi dan anak yang mengalami diare dan muntah secara terus menerus akan menyebabkan dehidrasi. Biasanya dehidrasi yang terjadi bisa ditandai dengan tidak membuang air kecil, atau bahkan lainnya. Dehidrasi ini sangat berbahaya apabila tidak segera diatasinya

Gejala-gejala seperti diatas yang terjadi pada bayi dan anak sebiknya para orang tua harus diperhatikan. Karena disentri merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi dengan benar. 

Semoga bermanfaat. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *