Gejala Batu Empedu Akut Yang Mudah Dikenali

Gejala Batu Empedu Akut – Batu empedu akut sebenarnya tidak memiliki perbedaan dengan batu empedu kronis, terutama dalam hal proses terjadinya batu empedu. Batu empedu dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu atau pindah kedalam sistem pencernaan. Biasanya gejal-gejala yang timbul pada batu empedu akut yaitu rasa sakit pada perut bagian atas yang menjalar pada tulang belikat. Bahkan ada juga beberapa gejala batu empedu akut yang mudah untuk dikenali. Simak informasinya berikut ini : 

Gejala Batu Empedu Akut Yang Mudah Dikenali

Gejala Batu Empedu Akut

  • Nyeri Mendadak Pada Perut 
    Salah satu ciri gejala batu empedu akut yang mudah dikenali yaitu nyeri pada bagian perut sebelah kanan secara tiba-tiba. Hal tersebut terjadi karena akumulasi dari batu empedu yang menekan dingding saluran empedu. Hal tersebut juga menyebabkan timbulnya rasa nyeri, dan bahkan rasa nyeri tersebut dapat menjalar pada tulang belikat sebelah kanan.
  • Menggigil 
    Bahkan batu empedu juga menyebabkan terjadinya kondisi inflamasi atau pembengkakan pada saluran empedu. Pembengkakan tersebut terjadi karena bakteri E.Colli yang menginvasi jaringan organ, sehingga menyebabkan reaksi alergi pada tubuh, dan menyebabkan tubuh mengalami menggigil dalam jangka waktu yang cukup lama. 
  • Muntah 
    Pembentukan batu empedu yang terjadi pada saluran empedu yang menyebabkan penghambatan saluran batu empedu dapat mengurangi fungsi empedu. Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak lemak pada saat sedang mengalami permasalahan pada saluran empedu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada organ pencernaan. Sehingga hal ini menyebabkan makanan keluar dan kembali pada kerongkongan. 
  • Penyakit Kuning 
    Gejala batu empedu akut akan menyebabkan penyakit kuning. Hal tersebut disebabkan karena kemunculan batu empedu distribusi bilirubin, sehingga menyebabkan penyebaran pada pembuluh darah. Bilirubin yang menyebabkan penyebaran pada pmbuluh darah akan mempengaruhi pigmen pada kulit, sehingga hal ini kulit mengalami perubahan.

Untuk mengatasi gejala tersebut tentunya perlu melakukan pengobatan batu empedu. Langkah pertama yang sering menjadi solusi pengobatan batu empedu yaitu dengan melakukan tindakan operasi. Perlu memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan operasi tersebut. Selain itu, tindakan operasi juga menimbulkan efek samping operasi batu empedu yang akan merugikan tubuh. 

Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *