Faktor Risiko Terjadinya Meningitis

Faktor Risiko Terjadinya Meningitis – Meningitis yaitu kondisi dimana terjadinya infeksi pada selaput lindung yang menyelimuti otak serta saraf tulang belakang. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh virus. Namun dalam beberapa kasus penyakit meningitis juga disebabkan oleh bakteri serta jamur. Meskipun dalam beberapa kasus penyakit meningitis dapat disembuhkan dalam beberapa minggu, namun pada beberapa kasus lainnya meningitis juga dapat menyebabkan kematian karena tidak segera melakukan cara mengobati meningitis.

Faktor Risiko Terjadinya Meningitis

Pada saat meradang, meninges akan membengkak. Hal ini disebabkan karena terjadinya infeksi. Dan beberapa kasus juga sering muncul seperti gejala meningitis yaitu demam, sakit kepala, serta leher yang kaku. Selain itu, ada beberapa faktor risiko juga yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit meningitis. 

Faktor Risiko Terjadinya Meningitis

Faktor risiko penyakit merupakan segala sesuatu yang menyebabkan seseorang memiliki risiko untuk mengidap suatu penyakit. Dan ini merupakan faktor risiko penyakit meningitis yang harus anda ketahui. 

  1. Genetik 
    Beberapa orang mungin memiliki risiko meningitis karena faktor keturunan. Jika mereka bersinggungan dengan organisme yang menyebabkan infeksi meningitis, maka risiko mereka akan lebih besar dari orang lain pada umumnya.
  2. Jenis Kelamin 
    Laki-laki ternyata lebih memiliki risiko lebih besar untuk terkena meningitis dibandingkan dengan perempuan. 
  3. Usia
    Selain lebih berisiko menyerang laki-laki, ternyata meningitis juga sering ditemukan pada usia dibawah 5 tahun. Meningitis bakteri umunya lebih sering ditemukan pada penderita dibawah usia 20 tahun. Khusunya mereka yang tinggal dikawasan padat penduduk.
  4. Kehamilan 
    Jika anda hamil, anda juga memiliki risiko tertular listeriosis. Listeriosis itu sendiri merupakan infeksi yang terjadi oleh bakteri listeria, yang dimana dapat menyebabkan meningitis. Jika pada saat hamil anda terinfeksi oleh bakteri tersebut, maka janin yang ada dalam kandungan juga akan mendapatkan risiko infeksi yang sama. 
  5. Tidak Mendapatkan Imunisasi Tertentu 
    Jika anda atau keluarga anda tidak mendapatkan atau ketinggalan imunisasi (yang khsusunya pada laki-laki) maka akan berisiko lebih tinggi mengidap meningitis.
  6. Bepergian Kedaerah Rawan Meningitis
    Orang yang senang bepergian ke daerah yang rawan meningitis atau biasa disebut dengan sabuk meningitis akan berisiko lebih tinggi terkena meningitis. 

Dan itulah beberapa faktor risiko meningitis, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan kita semua. Amiiiinn

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *