Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis – Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar penyakit yang satu ini. Bronkitis yaitu kondisi dimana mengalami infeksi pada paru-paru atau pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit-penyakit saluran pernafasan lainnya.

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Bronkitis dapat terbagi menjadi 2, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Dimana masing-masing dari penyakit tersebut menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Bronkitis akut biasanya mampu bertahan dengan jangka waktu dua hingga minggu dan menimbulkan gejala seperti batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan, demam ringan, sedangkan bronkitis kronis mampu bertahan selama 3 bulan bahkan lebih dan menimbulkan gejala batuk, keluar lendir, sesak nafas, kedinginan, demam, serta rasa tidak nyaman pada dada.

Batuk yang diakibatkan oleh bronkitis mampu bertahan beberapa minggu saja dengan disertai sakit pada dada. Jadi, sangat bahaya sekali apabila penyakit yang satu ini tidak ditangani dengan benar. Maka dari itu, sangat penting melakukan cara mengobati bronkitis. Selain itu juga, saluran bronkus yang sudah banyak menghasilkan lendir atau dahak dapat mengalami peradangan, sehingga menyebabkan penyumbatan pada salururan pernafasan atau paru-paru. 

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis 

  • Nyeri Dada

Salah satu ciri-ciri penyakit bronkitis penyakit bronkitis yang paling sering dirasakan yaitu nyeri dada. Nyeri dada muncul akibat mengalami gejala batuk secara terus menerus. Tidak hanya itu, nyeri dada juga disebabkan karena adanya cairan pada paru-paru sehingga menyebabkan dada terasa sakit atau nyeri 

  • Batuk

Ciri-ciri penyakit bronkitis juga dapat ditandai dengan munculnya gejala batuk, Batuk ini biasanya ditandai dengan gejala batuk berdahak. dimana batuk ini disertai dengan keluarnya lendir yang berwarna kuning keabu-abuan. gejala ini sering muncul apabila bronkitis yang diderita sudah terlalu parah. Namun, gejala ini tidak selalu muncul pada penderita bronkitis. 

Batuk ini biasanya menyebabkan rasa nyeri pada dada dan juga perut, batuk yang muncul juga menyebabkan keluarnya lendir yang diakibatkan karena paru-paru yang mengalami infeksi dan radang yang menyebabkan paru-paru menjadi lebih banyak memproduksi lendir. 

Baca juga : Obat batuk Rejan

  • Sesak Nafas

Selain mengalami munculnya batuk, Bronkitis juga dapat menyebabkan sesak nafas. Biasanya, gejala ini paling umum banyak dirasakan oleh penderita penyakit bronkitis yang dapat muncul bersamaan dengan gejala batuk. 

Sesak Nafas ini disebabkan karena banyaknya cairan lendir pada paru-paru, sehingga hal tersebut menganggu aktivitas kerja paru-paru. Gejala ini dapat diiringi dengan mengi atau muncul suara “ngik ngik ” Pada saat bernafas. 

  • Batuk Darah

Bronkitis yang tergolong cukup serius dapat mengalamai batuk berdarah.  Jika kondisi ini terus dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan komplikasi yang serius. 

  • Demam

Ciri-Ciri penyakit bronkitis lainnya yaitu munculnya demam, gejala ini dapat muncul pada penyakit bronkitis akut maupun kronis. Hal tersebut terjadi karena sisitem kekebalan tubuh mengalami peradangan dan inflamasi yang ada pada paru-paru. 

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri bronkitis yang paling umum dirasakan, semoga informasi ini bermanfaat. Amiiinnn

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *