Awas, Penyakit Kanker Pertanda Komplikasi HIV

Awas, Penyakit Kanker – HIV dan AIDS tergolong penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada penderitnya. HIV merupakan virus yang menyebabkan AIDS, yang dimana virus tersebut mampu merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Itu sebabnya, banyak orang yang takut dengan penyakit yang satu ini. Penyakit ini tergolong jenis penyakit yang berbahaya yang dimana mampu menimbulkan komplikasi yang parah akibat bahaya HIV/AIDS

Awas, Penyakit Kanker Pertanda Komplikasi HIV

Komplikasi ini disebabkan karena melemahnya sistem kekebalan pada tubuh. Tidak hanya itu saja, virus tersebut juga mampu menginfeksikan otak, menyebabkan degenerasi, atau bahkan membuat anda rentan terkena berbagai infeksi lainnya. Adapun beberapa infeksi yang timbul akibat komplikasi HIV. 

  • Candidiasis
    Infeksi jamur yang umum ditularkan dalam cairan tubuh seperti air liur, darah, urine, bahkan sperma atau asi. Infeksi tersebut tentunya menyebabkan peradangan dan lapisan putih yang tebal pada selaput lendir dimulut, esofagus dan vagina. 
  • Tuberkulosis
    Infeksi ini merupakan infeksi yang paling umum dikaitkan dengan penyakit HIV, dan merupakan penyebab utama kematian diantara orang-orang yang memiliki AIDS. 
  • Meningitis Kriptokokus
    Infeksi sistem saraf pusat yang juga sangat umum terkait dengan HIV. Infeksi ini disebabkan oleh  jamur yang ditemukan dalam kotoran. 

Awas, Penyakit Kanker Pertanda Komplikasi HIV

  • Limfoma 
    Limfoma merupakan jenis kanker yang berasal dari sel darah putih. Jenis kanker yang satu ini pertama muncul dalam kelenjar getah bening. Biasanya kondisi ini memunculkan pembengkakan tanpa rasa sakit pada kelenjar getah bening dileher, ketiak dan juga pangkal paha. 
  • Sarkoma Kaposi 
    Sarkoma merupakan tumor dinding pembuluh darah. Sebenarnya kanker yang satu ini jarang sekali ditemukan pada orang yang yang tidak terinfeksi oleh HIV, sedangkan kondisi ini paling umum dialami oleh orang yang terinfeksi HIV. Tidak hanya itu, kondisi ini juga sebenarnya dapat mempengaruhi organ dalam, termasuk pada saluran pencernaan dan juga paru-paru. Biasanya kondisi ini muncul sebagai lesi merah jambu, merah atau bahkan ungu pada kulit dan mulut. Namun pada orang  yang memiliki kulit gelap, lesi akan terlihat coklat gelap atau hitam. 

Adapun beberapa komplikasi lainnya juga yang mungkin terjadi seperti : 

  • Penyakit Ginjal 
  • Komplikasi Neurologis
  • Wasting Syndrom 

Dan itulah beberapa komplikasi yang berbahaya yang harus anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi ilMu tambahan untuk anda tentang HIV/AIDS. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *