5 Efek Samping Operasi Batu Empedu

5 Efek Samping Operasi – Batu empedu merupakan suatu kondisi yang mungkin sering terjadi pada kalangan masyarakat, yang dimana batu empedu tersebut disebabkan akibat pembentukan kolesterol didalam kantung empedu. Batu empedu sebenernya tidak benar berbentuk seperti batu, melainkan batu empedu merupakan potongan-potongan material padat yang terbentuk pada kantong empedu. Batu empedu ini biasanya lebih sering ditemui pada wanita dibandingkan dengan laki-laki, karena hal ini disebabkan akibat perubahan esterogen pada saat hamil. Sehingga wanita lebih beresiko tinggi terkena batu empedu.

Salah satu cara mengobati batu empedu yaitu dengan melakukan tindakan operasi. Namun perlu untuk anda ketahui, operasi batu empedu atau pengangkatan kandung empedu tentunya memerlukan biaya yang sangat mahal. Bukan hanya soal biaya saja, tindakan operasi untuk pengangkatan kandung empedu juga menimbulkan risiko tinggi seperti efek samping operasi batu empedu.

Nah untuk itu, anda harus mengetahui 5 Efek Samping Operasi Batu Empedu yang belum diketahui. Berikut informasinya :

5 Efek Samping Operasi Batu Empedu

5 Efek Samping Operasi

  • Perdarahan
    Perdarahan dapat terjadi setelah melakukan operasi batu empedu. Jika perdarahan tidak terjadi, anda mungkin perlu melakukan tindakan operasi lebih lanjut melalui bekas luka pada lubang kunci yang sama dengan operasi yang pertama anda jalani.
  • Gangguan Pencernaan 
    Pasien yang baru saja melakukan tindakan operasi batu empedu membutuhkan waktu untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuhnya pada saat kantung empedu sudah diangkat. Hal tersebut tentunya menyebabkan gangguan pencernaan. 
  • Iritasi Usus 
    Operasi batu empedu juga menyebabkan iritasi pada usus. Meski kantung empedu sudah diangkat, namun organ hati akan tetap menghasilkan empedu. Cairan empedu yang keluar akan dialirkan keusus serta pencernaan, Hal ini karena sudah tidak memiliki lagi tempat untuk penampungan. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya sekali. Jika hal tersebut terus terjadi, maka akan menyebabkan iritasi pada usus. 
  • Cedera Pada Saluran Empedu 
    Efek samping atau komplikasi yang sangat serius dan berbahaya setelah melakukan operasi batu empedu yaitu mengalami cedera pada saluran empedu. Jika saluran empedu terus terlauka selama operasi, maka kemungkinan besar akan mengalami dampak yang berbahaya. 
  • Konstipasi Atau Sembelit 
    Dan yang terakhir yaitu, efek samping setelah melakukan tindakan operasi yaitu konstipasi. Yang dimana konstipasi merupakan suatu kondisi sulitnya buang air besar secara teratur. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung serat. 

Nah, itulah beberapa risiko atau efek samping melakukan operasi atau pengangkatan batu empedu. Dan untuk itu, jika anda ingin terhindar dari bahaya atau efek samping operasi batu empedu. Kami merekomendasikan obat herbal untuk mengobati, menghancurkan batu empedu secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, baca artikel kami Cara Mengobati Batu Empedu

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *